Wednesday, November 23, 2011

Negeri Lima Menara

If UK has JRR Tolkien for his 'Two Towers', Indonesia has A. Fuadi for his 'Five Towers' then..
Agak telat memang kalo saya baru menyelesaikan dua dari trilogi novel Negeri 5 Menara. Sebenarnya di akhir 2009 saya sudah meminjam novel ini dari teman kantor saya. Namun karena introduction-nya banyak mengadopsi bahasa arab, saya jadi nanar. Saya pun mengembalikan novel yang belum selesai saya baca dan lebih memilih buku  pinjaman lain: The Naked Traveler 2 by Trinity.

Syukurlah beberapa minggu lalu ada diskon 30% di Eureka Depok. Entah kesurupan apa, saya pun membeli novel Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna. "Novel bagus itu layak dibaca", pikir saya. Dan benar, setelah ujian D4 selesai, saya pun melahap kedua buku yang sungguh sangat menginspirasi hidup saya.

Dilatarbelakangi kisah nyata, Negeri 5 Menara mengambil tokoh Alif (A. Fuadi sendiri, si penulis) yang bercita-cita melanjutkan sekolah dari MTsN ke SMA dan ITB. Habibie adalah tokoh idolanya. Namun sayang, amak (sebutan ibu dari ranah Minang) justru ingin dia belajar agama dan akhirnya dia terdampar di Pondok Madani (Pondok Modern Gontor). Sebagai seorang eklektik, saya diberkati dengan nasihat dan pepatah Arab yang tertulis di dalamnya (bahkan saya jadi tertarik belajar bahasa Arab-rempong me! *meh*). Aarrggh! Rasanya ingin segera keluar dari kungkungan instansi ini dan merentangkan sayap ke dunia yang lebih luas. Hasilnya? Mantra ajaib 'Man Jadda wajada' pun menjadi quote of the month. Saya berjanji pada diri saya sendiri mulai saat ini saya akan bersungguh-sungguh mencapai mimpi yang saya punya. Sungguh, Allah Maha Mendengar. Amin.

5 comments:

  1. Buruan atuh baca sekuelnya... Ranah Tiga Warna. Jalan ceritanya mengisnpirasi banget. Lo udah baca bukunya Iwan Setyawan? Itu juga menginspirasi banget. Kedua buku itu tentang Amerika.

    ReplyDelete
  2. uda baca, bro ^^
    Iwan Setyawan yg 9 summers 10 autumn? uda beli tp belum sempet dibaca :P

    ReplyDelete
  3. uda baca, bro ^^
    Iwan Setyawan yg 9 summers 10 autumn? uda beli tp belum sempet dibaca :P

    ReplyDelete
  4. uda baca, bro ^^
    Iwan Setyawan yg 9 summers 10 autumn? uda beli tp belum sempet dibaca :P

    ReplyDelete
  5. uda baca, bro ^^
    Iwan Setyawan yg 9 summers 10 autumn? uda beli tp belum sempet dibaca :P

    ReplyDelete